counters

TUGAS KONSEP SISTEM INFORMASI

Selasa, 24 September 2013


    PENGERTIAN SISTEM




Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.


Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.


dari penjabaran pengertian tentang sistem diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa sistem itu memang kompleks dan sangat terkait dengan hal yang ada didalamnya, karena sistem tidak akan jalan apabila salah satu elemen sistem tersebut tidak jalan.

    PENGERTIAN SISTEM TERTUTUP

Pengertian dari sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup).
Persoalan apa yang membentuk sistem tertutup ini sulit dijawab. Sistem tertutup yang telah kita ketahui merupakan sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungannya. Apapun lingkungan sekeliling itu, sistem tertutup itu tidak berubah. Jika lingkungan berubah, “batas” yang ada di antara sistem dengan lingkungannya mencegah sistem itu terpengaruh. Walaupun diragukan adanya sistem tertutup itu dalam kenyataan, konsep ini penting artinya. Dalam penelitian yang kita buat model yang pada dasarnya merupakan sistem tertutup. Jika kita mengadakan percobaan (eksperimen) di laboratorium untuk menelaah tingkah laku manusia , misalnya kita berusaha menciptakan sistem tertutup. Ilmuwan yang mempergunakan sistem laboratorium untuk mengubah elastisitas (kelenturan) sesuatu logam misalnya, berasumsi (beranggapan) bahwa ada sistem tertutup , jelasnya perubahan lingkungan yang akan mempengaruhi hasil penelitiannya diabaikan. Masalah-masalah yang dihadapi sesuatu perusahaan ditangani (dipecahkan) seolah-olah ada sistem tertutup guna memudahkan (menyederhanakan) keadaan secukupnya sehingga pemecahan yang mendekati kenyataan bisa diperoleh.
  
  
    PENGERTIAN SISTEM TERBUKA
Definisi sistem terbuka. Sistem terbuka berarti system tersebut berinteraksi dengan lingkungan,  sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang.. Sebaliknya, system yang tertutup adalah system yang tidak berinteraksi dengan lingkungan. Semua organisasi merupakan system terbuka, meskipun dengan tingkat yang berbeda-beda. Organisasi perusahaan barangkali terbuka dibandingkan dengan organisasi terlarang. Tidak menyesuaikan terhadap lingkungan kadang-kadang dapat berakibat fatal terhadap organisasi. Perusahaan yang tidak mampu mengikuti perkembangan konsumen tidak mampu menjual produknya dan akibatnya akan mati.


   KESIMPULAN

System terbuka adalah system yang berinteraksi denga ingkungan yang saling berhubungan erat dangan lingkungan dan di pengaruhi dan di pengaruhi oleh lingkungan. sedangkan system tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya.

  PENGERTIAN SISTEM PEREDARAN DARAH


Sistem peredaran darah manusia, pembuluh nadi (arteri) berwarna merah dan pembuluh balik (vena) berwarna biru.
Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).
Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.
  1. Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi).
  2. Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.
Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.

PENGERTIAN SISTEM AKUNTANSI

Setelah mengetahui pengertian dari akuntansi  maupun sistem secara tersendiri, maka dengan mudah dapat menemukan pemahaman mengenai sistem akuntansi. Sistem akuntansi sangat diperlukan dalam setiap organisasi atau perusahaan, suatu sistem akuntansi yang digunakan berguna untuk mencapai suatu tujuan perusahaan, agar terciptanya suatu efisiensi dan efektifitas.

MENURUT PARA AHLI

Menurut Warren, Reeve, Fees yang diterjemahkan oleh Aria Farahwati dalam bukunya Warren, Reeve, Fees Accounting (2005:234), Sistem akuntansi adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklarifikasikan, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi operasi dan keuangan sebuah perusahaan.
Sedangkan Sistem akuntansi menurut Mulyadi dalam bukunya Sistem Akuntansi (2001:3) Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang memudahkan manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.”   
    PENGERTIAN SISTEM TRANSPORTASI

        Transportasi
*      sesuatu hal yg berhubungan dg pemindahan orang/barang dr suatu tempat asal ke tempat tujuan
*      suatu tindakan, proses/hal yg sdg dipindahkan dr suatu tempat ke tempat lain
               Rekayasa transportasi
·         penerapan prinsip-prinsip ilmiah iptek di dlm semua tahapan perencanaan & pelaksanaan pembangunan infra struktur transportasi untuk menjamin terselenggaranya pergerakan yg selamat, mudah, cepat, nyaman, ekonomis, dan serasi serta bersahabat dg lingkungan
·         penerapan ilmu pengetahuan & matematika dimana sifat-sifat zat & sumber-sumber alami dipakai untuk mengangkut orang & barang dg suatu cara yg berguna untuk manusia

FUNGSI:
*        menghubungkan orang dg tata guna lahan, pengikat kegiatan & memberikan kegunaan tempat & waktu untuk komoditi yg diperlukan
*       memberikan hubungan antara tempat-tempat produksi dg tempat-tempat konsumsi


RUANG LINGKUP:
Ruang lingkup pembahasan bidang transportasi meliputi:
-      perumusan kebijakan
-      perencanaan
-      perancangan
-      pelaksanaan pembangunan
-      pengoperasian
-      pemeliharaan
Ruang lingkup teknik transportasi dibagi menjadi 2 kategori:
1.      yg berhubungan dg perencanaan sistem
2.      yg berhubungan dg perancangan rinci masing-masing komponen sistem (sarana-prasarana transportasi & sistem pengoperasiannya)

SISTEM TEKNOLOGI TRANSPORTASI:
Terdiri dr berbagai elemen yg hrs bekerja sama utk menggerakkan sistem.
Mnrt Hay (1977), tdp 5 komponen dsr yg membentuk sistem transportasi, yaitu: sumber tenaga penggerak, kendaraan, jalur pergerakan, terminal, & sistem pengendalian operasi.
Pd dasarnya pendukung sistem transportasi terdiri dr 3 unsur:
·         Sarana, terdiri dr sumber tenaga penggerak & kendaraan
·         Prasarana, terdiri dr jalur pergerakan & titik simpul pergerakan/terminal
·         Sistem operasi & pengendalian pergerakan




0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate